Label AbduL's

Rabu, 14 Oktober 2009

RPP IPA kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah         : SD Negeri Pangkalan Bulian
Kelas / Semester    : IV / I
Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema                       : Makhluk Hidup
Sub Tema               : Alat indera pada manusia
Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit



A. STANDAR KOMPETENSI

Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya , serta memeliharanya.

B. KOMPETENSI DASAR

Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera..

C. INDIKATOR

 Membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.
 Menjelaskan kelainan – kelainan pada alat indera.
 Menjelaskan cara memelihara alat indera.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

 Siswa dapat membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah dan kulit dengan benar.
 Siswa dapat menjelaskan kelainan – kelainan pada alat indera dengan benar.
 Siswa dapat menjelaskan cara memelihara alat indera dengan tepat.

E. MATERI POKOK


Alat indera pada manusia
Pengertian alat indera
Alat indera adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan di luar tubuh. Alat indera manusia ada lima yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.kelimanya disebut panca indera. Mata sebagai indera penglihatan, telinga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman (pembau), lidah sebagai indera perasa, dan kulit sebagai indera peraba.
Alat indera harus kita jaga dengan baik. Jika alat indera mengalami gangguan atau rusak maka tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik.Akibatnya kita tidak dapat menikmati keadaan di sekitar kita.

Kelainan pada alat indera
a. Kelainan pada indera penglihat (mata)
Kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata meliputi
1. Miopi (rabun dekat) merupakan ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa minus ( lensa cekung).
2. Hipermetropi (rabun dekat) adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa plus (lensa cembung)
3. Presbiopi (mata tua) merupakan ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa ganda yaitu minus dan plus.
4. Rabun senja adalah kelainan mata berupa ketidakmampuan untuk melihat pada senja hari. Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. biasanya, rabun senja bersifat sementar. Disiang hari mata mampu melihat dengan baik.
5. Buta warna adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk melihat warna – warna tertentu. Misalnya buta warna merah tidak dapat melihat warna merah. Ada pula buta warna total yaitu mata hanya dapat melihat warna putih dan hitam.
6. Mata merah terjadi karena mata kemasukan benda asing. Akibatnya mata terasa gatal dan perih. Jika mata dikucek kotoran akan semakin dalam masuk ke mata.
7. Katarak biasanya menyerangborang lanjut usia. Mata penderita katarak tampak diselimuti lapisan putih. Penderita menjadi sulit melihat. Lapisan putih itu sesungguhnya adalah lensa yang menjadi buram. Penderta katarak dapat disembuhkan dengan operasi pengangkatan lensa yang buram. Kemudian di pasangkan penggantinya berupa lensa buatan.

b. Kelainan pada indera pendengar (telinga)
1. Tuli atau tidak dapat mendengar dapat dialami sejak lahit dan dapat juga dialami setelah dewasa. Pada umumnya penyakit tuli tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi penderita tuli yang tidak parah data ditolong dengan menggunakan alat bantu dengar (hearing aid)
2. Keluarnya cairan berbau busuk dari telinga akibat terjadi radan pada telinya baggian dalam. Penyakit disebut juga penyakit congek. Dengan pengobatan intensif , penyakit ini dapat disembuhkan.
3. Bisul atau luka dapat terjadi dalam telinga akibat infeksi. Kebiasaan uruk mengorek telinga dengan menggunakan jari atau korek api dapat melukai telinga. Bisul dalm telinga dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa.
c. Kelainan pada indera pencium (hidung)
1. Penyakit penyumbatan rongga hidung, misalnya akibat pilek dan pembengkakan kelenjar polip.
2. Gangguan syaraf pada kelenjar pembau

d. Kelainan pada indera perasa (lidah)
Penyakit yang biasanya menyerang lidah yaitu sariawan. Sariawan menyenbabkan lidah memerah dan tampak terluka. Penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi vitamin C.

e. Kelainan pada indera peraba (kulit)
1. Jerawat dapat timbul akibat ketidak seimbangan hormone dan kulit yang kotor. Anak yang memasuki masa remaja sangat mudah menderita jerawat. Demikian juga pada kulit yang berminyakyang tidak dijaga kebersihannya.
2. Panu disebabkan oleh jamur yang hinggap di kulit. Panu tampak sebagai bercak atau bulatan putih di kulit desertai rasa gatal. Panu tiimbul karena penderita tidak menjaga kebersihan.
3. Kadas tampak sebagai bulatan putih bersisik. Terlihat batas yang jelas pada tepi bulatan. Seperti panu, kadas mengakibatkan rasa gatal. Kadas juga ditimbulkan oleh jamur.
Cara memelihara panca indera
a. Cara Memelihara Indera Penglihat
Cara memelihara mata yaitu dengan
1. Makan makanan yang banyak mengadung vitamin A. Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata. Orang yang menderita rabun senja dapat diobati dengan mengonsumsi vitamin A.
2. Menjaga kebersihan mata sehingga mata tidak kemasukan kotoran. Segera lindungi mata ketika berada ditempat yang berdebu dan berasap. Jika mata kemasukan debu atau kotoran, segera tetesi mata dengan obat tetes mata. Jangan mengucek mata karena kotoran dapat masuk semakin dala m kemata. Obat tetes mata akan membuat kotoran terdorong keluar.
3. Membiasakan membaca buku dengan jarak sekitar 30 cm dengan penerangan yang cukup.
4. Segera memeriksakan diri ke dokter mata jika mata mulai tidak mampu melihat dengan baik. Apa lagi jika disertai dengan pusing atau sakit kepala.jika tidak segera berobat, mata dapat mengalami gangguan yang lebih parah.

b. Cara Memelihara Indera Pendengaran
Cara memelihara telinga yaitu dengan
1. Kebersihan telinga harus dijaga agar lubang telinga tidak tersumbat. Namun demikian, kamu harus berhati-hati saat membersihkan telinga supaya tidak merobek gendang telinga.
2. Sebaiknya kamu menghindari bunyi yang terlalu keras atau bising, misalnya suara mesin atau musik yang terlalu keras.
3. Jika telingamu sering berdenging, segeralah pergi ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). Gejala itu sering menjadi gejala awal penyakit tuli.

c. Cara Memelihara Indera Pembau
Agar hidung dapat berfungsi dengan baik, hidung harus dirawat dengan baik. Setiap hari hidung harus dibersihkan. Hidung menjadi kotor karena udara yang kita hirup mengandung butiran debu. Segeralah ke dokter jika kamu menderita pilek lebih dari seminggu agar sekitmu tidak menjadi parah. Pilek yang lam akan merusak indera pembau.

d. Cara Memelihara Indera Perasa
Cara memelihara lidah yaitu :
1. Hindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak papila. Jika papila rusak, lidakh tidak dapat merasakan lezatnya makanan dengan baik.
2. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasar dan kotor dapat melukai lidah dan gusi. Luka ini dapat meimbulkan sariawan yang parah jika saat itu tubuh kita juga kekurangan viamin C.

e. Cara Memelihara Indera Peraba
Kulit merupakan baian tubuh yang mudah dihinggapi jamur dan kotoran lain. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan kulitmu. Mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan kakimu sebuelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E.
Kulit juga merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi keindahan (kecantikan). Kulit yang sehat memperlihatkan keindahan yang alami.keindahan kulit tidak ditentukan oleh warnanya. Agar kulitmu sehat, kamu perlu memakan sayuran hijau dan buah – buahan.

F. METODE PEMBELAJARAN

 Metode Ceramah
 Metode Tanya Jawab
 Metode Penugasan


G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
• Mengucapkan Salam
• Mengkondisikan Kelas
• Mengecek Kehadiran Siswa
• Apersepsi
“Anak – anak hari ini kita akan belajar tentang alat indera pada makhluk hidup,yaitu pada manusia.”
• Motivasi
“Diharapkan setelah belajar pada hari ini anak – anak dapat Membedakan macam – macam alat indera, menjelaskan kelainan – kelainan pada alat indera serta menjelaskan cara memelihara alat indera.”
• Memajangkan media.

2. Kegiatan inti ( 45 menit)
• Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang alat indera.
• Tiga orang siswa maju ke depan, siswa I bertindak sebagai mediator, siswa II menunjuk bagian alat indera siswa I, siswa III menyebutkan nama alat indera yang ditunjuk siswa II.
• Siswa melakukan pengamatan tentang kegunaan alat indera.LKS (terlampir)
• Siswa menanyakan hal yang yang belum dimengerti.
3. Kegiatan Akhir ( 25 menit )
• Siswa dibimbing guru menyimpulkan pelajaran.
• Siswa diberikan evaluasi.
• Siswa diberikan tugas oleh guru.

H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a. Sumber Belajar
o Much Azam. 2008. Akrab dengan Dunia Ipa untuk kelas IV. Halaman 17- 26. Solo : Tiga Serangkai
o Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV . Halaman 11 – 28. Jakarta : Erlangga.
o Sri Harmi. 2008. Lebih Akrab dengan IPA untuk kelas IV dan MI. halaman 37-56. Solo : Tiga Serangkai.
o Suparmi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 SD. Halaman 28- 44. Jakarta : Bumi Aksara.
b. Media /alat
• Buah apel ,
• buah pir ,
• wortel.
• Kain (sapu tangan)

I. EVALUASI
• Prosedur : Tes Proses dan Hasil
• Bentuk :Tulisan dan Perbuatan
• Jenis Tes : Pilihan ganda dan Essey
Butir Soal evaluasi
Berikan tanda silang (x) pada huruf a ,b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1. Alat indera bagi tubuh berguna untuk….
a. Melindungi bagian tubuh yang penting.
b. mengenal keadaan luar
c. pertahanan tubuh
d. mengetahu posisi tubuh
2. Rabun senja merupakan kelainan mata yang disebabkan olah…
a. kekurangan vitamin A
b. kekurangan protein
c. lensa mata rusak
d. hormone yang berlebihan
3. Orang yang hanya dapat membedakan warna hitam dan putih disebut…
a. Buta c. Rabun senja
b. Katarak d.Buta warna total
4. Alat indera yang digunakan untuk merasakan manis dan pahit adalah…
a. gigi c. hidung

b. lidah d. bibir
5. Rangsang yang dapat diterima hidung berupa…
a. Bau c. larutan
b. Cahaya d.getaran

Kunci jawaban:
1. b. mengenal keadaan luar
2. a. kekurangan vitamin A
3. d. Buta warna total
4. b. lidah
5. a. bau
skor tiap soal 20 x 5 soal = 100

Butir soal tugas
Jawablah soal di bawah ini dengan jelas dan benar!
1. Sebutkan macam – macam alat indera pada manusia?
2. Sebutkan dan jelaskan kelainan pada indera pendengaran?
3. Sebutkan dan jelaskan minimal 5 kelainan pada mata?
4. Bagaimana cara memelihara lidah?
5. Bagaimana cara merawat telinga?

No soal Kunci jawaban Skor / nilai
1 Mata sebagai indera penglihatan, telinga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman (pembau), lidah sebagai indera perasa, dan kulit sebagai indera peraba. 15
2 1. Tuli atau tidak dapat mendengar dapat dialami sejak lahit dan dapat juga dialami setelah dewasa. Pada umumnya penyakit tuli tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi penderita tuli yang tidak parah data ditolong dengan menggunakan alat bantu dengar (hearing aid)
2. Keluarnya cairan berbau busuk dari telinga akibat terjadi radan pada telinya baggian dalam. Penyakit disebut juga penyakit congek. Dengan pengobatan intensif , penyakit ini dapat disembuhkan.
3. Bisul atau luka dapat terjadi dalam telinga akibat infeksi. Kebiasaan uruk mengorek telinga dengan menggunakan jari atau korek api dapat melukai telinga. Bisul dalm telinga dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa.
20
3 1. Miopi (rabun dekat) merupakan ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa minus ( lensa cekung).
2. Hipermetropi (rabun dekat) adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa plus (lensa cembung)
3. Presbiopi (mata tua) merupakan ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa ganda yaitu minus dan plus.
4. Rabun senja adalah kelainan mata berupa ketidakmampuan untuk melihat pada senja hari. Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. biasanya, rabun senja bersifat sementar. Disiang hari mata mampu melihat dengan baik.
5. Buta warna adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk melihat warna – warna tertentu. Misalnya buta warna merah tidak dapat melihat warna merah. Ada pula buta warna total yaitu mata hanya dapat melihat warna putih dan hitam.
6. Mata merah terjadi karena mata kemasukan benda asing. Akibatnya mata terasa gatal dan perih. Jika mata dikucek kotoran akan semakin dalam masuk ke mata.
25
4 Cara memelihara lidah yaitu :
1. Hindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak papila. Jika papila rusak, lidakh tidak dapat merasakan lezatnya makanan dengan baik.
2. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasar dan kotor dapat melukai lidah dan gusi. Luka ini dapat meimbulkan sariawan yang parah jika saat itu tubuh kita juga kekurangan viamin C.
20
5 Cara memelihara telinga yaitu dengan
1. Kebersihan telinga harus dijaga agar lubang telinga tidak tersumbat. Namun demikian, kamu harus berhati-hati saat membersihkan telinga supaya tidak merobek gendang telinga.
2. Sebaiknya kamu menghindari bunyi yang terlalu keras atau bising, misalnya suara mesin atau musik yang terlalu keras.
3. Jika telingamu sering berdenging, segeralah pergi ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). Gejala itu sering menjadi gejala awal penyakit tuli.
20




Kriteria penilaian Nilai
80 - 100 A
70 - 80 B
50 - 60 C
10 - 40 D
0 E
Format Penilaian :
a. Format penilaian proses
No Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah Ket.
Keaktifan Bahasa Sikap
jumlah

Keterangan : 86 – 100 = A
79 – 85 = B
60 – 69 = C
< 60 ="">


DISUSUN :
                                        Abdul Arief (06071013062)


DOSEN PENGASUH : Dra. Rukiyah,M.Pd
                                        Drs. Sudirman,M.Si

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2009





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu WajiB LapOr