Label AbduL's

Sabtu, 17 Oktober 2009

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

A. Pengertian Media menurut Para ahli dan simpulkan

1) Menurut Yusuthadi Miarso ( 1984 : 48 ) media pembelajaran adalah sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
2) Menurut Djahiri ( 1992 : 1 ) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah ahli wujud daripada bahan ajar dan atau target hasil dan proses belajar mengajar yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehinga dapat mendorong proses belajar.
3) Menurut Sadiman dkk. ( 1993 : 6 ) menyatakan bahwa media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
4) Menurut Damin ( 1995 : 7 ) menyatakan bahwa media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.
5) Menurut Sudjana ( 1991 : 2 ) menyatakan bahwa media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi proses belajar siswa.
6) Kesimpulannya : Media Pembelajaran adalah alat-alat elektro – mekanis yang menjadi perantara antara siswa dan materi pembelajaran untuk lebih memperjelas apa yang diajarkan oleh guru.
Jadi pengertian media pembelajaran adalah suatu benda atau alat yang digunakan oleh pendidik untuk memperjelas dan mempermudah dalam pembelajan bagi peserta didik.

B. Macam – macam Media

Macam-macam media yaitu :

1. Media Visual

Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indera penglihatan.
Macamnya yaitu :

a. Media Visual tidak diproyeksikan

Gambar diam
Gambar diam adalah gambar yang disajikan secara fotografik misalnya gambar tentang manusia, binatang, tempat atau objek lainnya yang ada kaitannya dengan bahan atau isi pelajaran yang
akan disampaikan kepada siswa.

Media grafik
Media grafik ini merupakan media pandangan dua dimensi (bukan fotografik) yang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan pembelajaran, cukup banyak jenis
media grafis ini, namun yang sering dipergunakan diantaranya grafik, bagan, diagram, poster, kartun/karikatur, dan komik.

1) Bagan
Ada beberapa jenis bagan, diantaranya adalah :
 Bagan pohon
Sesuai dengan namanya bagan pohon dikembangkan dan dasar yang terdiri atas beberapa factor menuju batang tunggal kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan, contohnya adalah bagan silsilah.
 Bagan air
Merupakan kebalikan dari bagan pohon, sebagai contoh bagaimana industri mobil di amerika bergantung pada pemasaran luar negerinya, baik untuk kebutuhan akan
bahan baku maupun guna pemasaran hasil industrinya.  Bagan arus bagan tabel
Sebuah organisasi yang beranggotakan pelajar atau sebuah kesatuan pemerintah, proses pengembangan kepemimpinan industri atau langkah-langkah darimana sebuah rencana undang-undang dapat divisualisasikan dengan bagan arus atau bagan organisasi yang cocok untuk
mempertunjukkan fungsi, hubungan, dan proses.

2) Diagram
Diagram adalah suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbale balik terutama dengan garis-garis.

3) Grafik
Grafik dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka, grafik menggambarkan hubungan penting dari suatu data.

Macam-macam grafik :
 Grafik garis
 Grafik batang
 Grafik lingkaran
 Grafik wilayah dan gambar

4) Poster
Poster dapat didefinisikan sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat.

5) Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat.

6) Komik
Komik dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang
untuk memberikan hiburan kepada para pembaca.

Relia dan model
Media relia merupakan alat bantu visual dalam pembelajaranyang berfungsi memberikan pengalaman langsung kepada siswa.

b. Media visual yang diproyeksikan

Adalah media yang menggunakan alat proyeksi (proyektor),
sehingga gambar atau tulisan nampak pada layar. Jenis media
proyeksi yang biasa digunakan diantaranya :
 Proyeksi opak (opaque projection)
 Proyeksi lintas kepala ( overheadprojection/OHP)
 Slides
 filmstrip

2. Media Audio
Adalah yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan,perhatian, dan kemauan para siswa untuk mempelajari bahan ajar. Media audio dapat berupa : radio, piringan hitam, pita audio, tape recorder, dan telepon.

3. Media Audio-visual

Media ini merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa disebut media pandang dengar. Media audio visual yang diam berupa : televisi diam, slide dan suara, buku dan suara. Media audio visual bergerak berupa : video, CD, gambar dan suara.

4. Media serba aneka

a. Papan dan display : papan tulis, papan parmer/pengumuman,/majalah dinding, papan magnetic, white board, mesin pengganda.
b. Media tiga dimensi : realia, sampel, artifact, model,
diorama,display
c. Media teknik dramatisasi : drama, pantomime, bermain peran, demonstrasi, pawai, pedalangan/panggung boneka, simulasi.
d. Sumber belajar pada masyarakat : kerja lapangan, studi wisata, perkemahan.
e. Belajar terprogram

C. Syarat – syarat media Pendidikan kewarganegaraan

Syarat-syarat media yaitu :
 Media membawakan sesuatu/sejumlah isi pesan harapan
 Media diambil dari kehidupan nyata
 Memuat nilai/moral yang kontras
 Menarik minat dan perhatian siswa
 Media terjangkau oleh kemampuan siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu WajiB LapOr